PENGEMBANGAN EKOWISATA RESORT BALIK BUKIT TAMAN NASIONAL BUKIT BARISAN SELATAN DI KUBU PERAHU

Senin, 08 Oktober 2012


PENGEMBANGAN EKOWISATA RESORT BALIK BUKIT TAMAN NASIONAL BUKIT BARISAN SELATAN DI KUBU PERAHU
 oleh
aditya adyaksa
Secara konseptual ekowisata dapat didefinisikan sebagai suatu konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan yang bertujuan untuk mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan (alam dan budaya) dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan, sehingga memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat setempat. Ekowisata dihargai dan dikembangkan sebagai salah satu program usaha yang sekaligus bisa menjadi strategi konservasi dan dapat membuka alternatif ekonomi bagi masyarakat. Dengan pola ekowisata, masyarakat dapat memanfaatkan keindahan alam yang masih utuh, budaya, dan sejarah setempat tanpa merusak atau menjual isinya.
Ekowisata akan menimbulkan kepedulian, tanggung jawab dan komitmen terhadap kelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat, hal ini ditimbulkan oleh:
1.    Kekhawatiran akan makin rusaknya lingkungan oleh pembangunan yang bersifat eksploratif terhadap sumber daya alam.
2.    Asumsi bahwa pariwisata membutuhkan lingkungan yang baik dan sehat.
3.    Kelestarian lingkungan tidak mungkin dijaga tanpa partisipasi aktif masyarakat setempat.
4.    Partisipasi masyarakat lokal akan timbul jika mereka dapat memperoleh manfaat ekonomi ('economical benefit') dari lingkungan yang lestari.
5.    Kehadiran wisatawan (khususnya ekowisatawan) ke tempat-tempat yang masih alami itu memberikan peluang bagi penduduk setempat untuk mendapatkan penghasilan alternatif dengan menjadi pemandu wisata, porter, membuka homestay, pondok ekowisata (ecolodge), warung dan usaha-usaha lain yang berkaitan dengan ekowisata, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka atau meningkatkan kualitas hidup penduduk lokal, baik secara materiil, spirituil, kulturil maupun intelektual.

Dalam pengembangan ekowisata perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.    Konservasi
o   Pemanfaatan keanekaragaman hayati tidak merusak sumber daya alam itu sendiri.
o   Dapat dijadikan sumber dana yang besar untuk membiayai pembangunan konservasi.
o   Meningkatkan daya dorong bagi pihak swasta untuk berperan serta dalam program konservasi.
2.    Pendidikan
Meningkatkan kesadaran masyarakat dan merubah perilaku masyarakat tentang perlunya upaya konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.
3.    Ekonomi
o   Dapat memberikan keuntungan ekonomi bagi pengelola kawasan, penyelenggara ekowisata dan masyarakat setempat.
o   Dapat memacu pembangunan wilayah, baik di tingkat lokal, regional mapun nasional.
4.    Peran Aktif Masyarakat
o   Membangun hubungan kemitraan dengan masyarakat setempat dan menggugah prakarsa masyarakat setempat untuk pengembangan ekowisata.
o   Pelibatan masyarakat sekitar kawasan sejak proses perencanaan hingga tahap pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi.
o   Memperhatikan kearifan tradisional dan kekhasan daerah setempat.
o   Menyediakan peluang usaha dan kesempatan kerja semaksimal mungkin bagi masyarakat sekitar kawasan.
5.    Wisata
o   Menyediakan informasi akurat tentang potensi kawasan bagi pengunjung.
o   Kesempatan menikmati pengalaman wisata dalam lokasi yang mempunyai fungsi konservasi.
o   Memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung.

Resort balik bukit adalah bagian dari taman nasional bukit barisan selatan yang berada di wilayah kabupaten lampung barat. Daya tarik wisata yang terdapat di wilayah ini meliputi keindahan alam, sumber daya alam baik flora dan fauna, keutuhan sumber daya alam, udara yang sejuk dan lokasi yang bersih dan luas. Secara spesifik objek wisata yang berada di wilayah resort balik bukit adalah air terjun way asahan, air terjun sepapa kiri, air terjun sepapa kanan, bumi perkemahan, demplot anggrek, demplot tanaman obat, demplot gaharu, serta wisata outbond yang sedang dalam tahap pengajuan anggaran. Selain untuk kegiatan wisata, wilayah ini juga dapat digunakan sebagai lokasi penelitian dan pengamatan dengan ragam flora dan fauna yang terdapat di dalamnya.

Sejauh ini prinsip prinsip ekowisata dapat diaplikasikan di wilayah ini, namun belum berjalan dengan sebagaimana mestinya. Hal yang menghambat pengembangan ekowisata di resort balik bukit adalah minim dan kurang intensifnya promosi tentang potensi ekowisata resort balik bukit, karena selama ini promosi yang dilakukan sebatas dari obrolan, grup facebook dan leaflet yang jumlahnya terbatas. Perlu dibentuk suatu halaman web maupun blog yang dikelola secara intensif guna mengenalkan ekowisata resort balik bukit kepada masyarakat lokal, regional, nasional hingga internasional. Selain itu ketiadaan paket ekowisata yang ditawarkan turut berpengaruh terhadap minat wisatawan. Hal yang cukup disayangkan mengingat banyaknya objek wisata yang terdapat di wilayah resort balik bukit harusnya mampu menarik minat pengunjung apabila dikemas dalam paket-paket wisata yang menarik.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar