Segitiga Api

Rabu, 24 Oktober 2012



Kali ini kita akan membahas api, apa itu api? bagaimana api itu terjadi, serta bagaimana memadamkan api. namun sebelum kita membahas itu semua, lebih dulu kita mengenal lebih dekat tentang api.
tidak perlu diragugan api merupakan zat primer dalam kehidupan manusia, api sangat dibutuhkan baik itu secara sadar ataupun tidak dalam aktifitas sehari hari,. api yang terjadi karena diinginkan sangat membantu manusia, namun jika api yang terjadi bukan karena keiinginan sangat membahayakan. api yang membahayaan dapat menghanguskan gedung bertingkat, perkampungan bahkan haktaran hutan, sungguh sangat merugikan. jadi apa itu api? Api merupaka reaksi kimia atau proses kimia yang terjadi antar beberapa zat. jadi zat apa saja yang dapat menyebabkan reaksi kimia berupa api?

Description: http://2.bp.blogspot.com/-Ni5vQ9PVSak/TuM0RSPkZOI/AAAAAAAAACg/ZZ5cmBlTvz0/s1600/API.jpg
seperti yang digambarkan api terjadi karena 3 zat dasar yaitu :
  1. Oksigen
  2. Sumber Panas, dan
  3. Bahan bakar.

a. Oksigen
Oksigen merupakan elemen penting terjadinya api, oksigen sangat diperlukan dalam reaksi kimia yang menyebabkan api. persentase Oksigen (O2) diudara adalah kurang lebih 21%, namun berapa persen kadar oksigen minimum yang dibutuhkan untuk proses terjadinya api?.menurut penelitian kadar minimun oksigen yang dibutuhkan untuk terjadi api adalah kurang lebih 15%, jika kurang dari itu api akan padam.

b. Sumber panas atau sumber nyala
yaitu segala sesuatu benda atau kegiatan yang timbul panas, pada tingkat temperatur tertentu dianggap dapat menimbulkan bahaya api.
Ada beberapa faktor penyebab terjadinya sumber nyala, antara lain :
- Sumber nyala terjadi karena proses peristiwa Alam
- Sumber nyala terjadi karena proses peristiwa Kimia
- Sumber nyala terjadi karena proses peristiwa Listrik
- Sumber nyala terjadi karena proses peristiwa Mekanik
- Sumber nyala terjadi karena proses peristiwa Nuklir

c. Bahan bakar
yaitu benda yang terbakar, bisa berupa zat padat,cair ataupun gas. titik api (tingkat temperatur tertentu yang dapat menimbulkan api) tiap-tiap zat berbeda. yang kemudian dari zat terbakar ini ditentukan klasifikasi api ( dijelaskan berikutnya)

api terjadi karena ketiga zat tadi, jika salah satu zat tidak dipenuhi maka proses api tidak akan timbul. karena itu untuk memadamkan api yang terjadi dengan cara memisahkan salah satu zat dari segitiga api.contoh memisahkan tiga zat tersebut.
  1. penggunaan C02, selain menurunkan temperatur ke tinggat dimana sumber panas hilang juga mengurangi kadar oksigen menjadi dibawah minimum yang dibutuhkan terjadinya api (15%).  gas ini tidak cocok digunakan ditempat tertutup.
  2. Air berfungsi mengurangi temperatur sehingga dibawah titik api.
  3. banyak zat lain yang dapat digunakan untuk memadamkan api seperti halon, protein foem,DCP 

Sumber : http://clubarff.blogspot.com/2011/12/segitiga-api.html


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar