Stadium General PKR-MBAM XIV Himasylva menghadirkan Kepala BKSDA Lampung

Selasa, 15 November 2011

Kepala BKSDA Lampung, Ir. Supriyanto, menjadi “keynote speaker” pada acara Stadium General Perkemahan Kerja Rimbawan Masa Bimbingan Anggota Muda (PKR-MBAM) XIV Himasylva. Acara yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Kehutanan FP Unila (Himasylva) ini bertempat di Aula Pertanian FP Unila pada tanggal 03 Pebruari 2011. Pada tahun ini, agenda rutin tersebut mengusung tema “Meningkatkan Kualitas dan Pengetahuan Rimbawan yang Dapat Membawa Kehutanan Indonesia Menjadi Lebih Baik”.

Bapak Supriyanto menyampaikan makalahnya yang berjudul “Peran Rimbawan dalam Dunia Kehutanan”. “Setiap rimbawan sepatutnya dapat berperan sesuai dengan minat, bakat dan keahliannya masing-masing”, demikian Pak Pri mengatakan. Dalam kesempatan berikutnya, Pak Pri mengatakan bahwa saat ini bidang kehutanan, khususnya konservasi, sangat membutuhkan banyak sumberdaya manusia yang bekualitas. Kawasan konservasi yang merupakan benteng terakhir eksistensi hutan di Indonesia sangat membutuhkan pengelolaan yang prima. Beliau juga menambahkan, sebagai contoh, banyak hal-hal yang belum diketahui dari manfaat tumbuhan dan satwa liar yang hidup di kawasan hutan Indonesia, sehingga diperlukan upaya identifikasi jenis yang lebih maksimal. Selain itu, potensi-potensi pemanfaatan jasa lingkungan dan wisata alam juga belum tergali secara optimal. Masalah kebakaran hutan dan lahan juga masih menjadi perhatian serius bukan hanya bagi Indonesia tetapi juga bagi negara-negara tetangga yang terkena dampaknya. “Oleh sebab itu, tantangan-tantangan bidang kehutanan di masa depan akan semakin berat, dan ini harus dijawab oleh para rimbawan masa depan”, demikian pernyataan Pak Pri yang disambut tepuk tangan seluruh hadirin.

Selain menghadirkan Ir. Supriyanto, acara ini juga menghadirkan dua narasumber lainnya. Salah satunya adalah Ir. Panut Widijanto, MM, Kepala Bidang Reboisasi dan Rehabilitasi Hutan, Dinas Kehutanan Propinsi Lampung. Dalam kesempatan tersebut, Pak Panut menyampaikan makalahnya yang berjudul “Gambaran Umum Dunia Kerja Kehutanan”. Pembicara lainnya adalah Faridh Al Muhayat, S.Hut., Koordinator Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Propinsi Lampung dan Direktur Eksekutif Garuda Sylva, yang menyampaikan materi berjudul “Penguatan Korps Rimbawan Sebagai Kader Masa Depan”.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 50 orang peserta ini disertai juga dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara peserta dengan narasumber. Sekitar 6 pertanyaan diajukan oleh peserta kepada narasumber yang sebagian besar berkaitan dengan upaya-upaya konservasi dan rehabilitasi hutan khususnya di Propinsi Lampung. Para peserta juga nampak antusias dalam mengikuti materi kegiatan tersebut. Pada kesempatan ini, BKSDA Lampung juga membagi-bagikan leaflet, poster, dan kalender kepada seluruh peserta dan panitia acara.

Penutupan acara diisi dengan sesi penyerahan plakat oleh Ketua Umum Himasylva, Melisa Yurestika, dan Komandan PKR-MBAM XIV, Meizanur, kepada seluruh narasumber. Sesi foto bersama antara seluruh peserta dengan panitia dan narasumber juga dilakukan untuk mengakhiri acara. Sebelum meninggalkan ruangan, Kepala BKSDA Lampung juga sempat beramah-tamah dengan beberapa peserta dan panitia kegiatan. (ar). 




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar